Our Blog

Pomparan Oppung Guru Tatea Bulan

Pomparan Oppung Guru Tatea Bulan Gelar Pesta Akbar di Barus

Pomparan Oppung Guru Tatea Bulan Boru dan Bere se- Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga akan menggelar pesta akbar pada hari Sabtu (17/3) di Sopo Godang Desa Lobu Tua Kecamatan Andam Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan seluruh pomparan Oppung Guru Tatea Bulan boru dan bere yang ada di Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah," ujar Haspa Pasaribu sebagai ketua panitia didampinggi bendahara DR (HC) Meida Hutagalung SH kepada Global di Sibolga, Rabu (14/3).

Dijelaskannya, Pomparan Oppung Guru Tatea Bulan yang akan hadir pada pesta tersebut terdiri dari keturunan Oppung Raja Uti, Saribu Raja, Limbong Mulana, Sagala Raja, Silau Raja dan Pasaribu. Sementara marga Pasaribu terdiri dari Habayahan, Bondar, Gorat dan Saruksuk. Dan marga Lubis adalah Harahap, Sipahutar, Hutasuhut, Datu Bara, Tarihoran, Matondang, Parapat, Tanjung, Daulae, Rangkuti, Rambe, Simargolang, Sitakkar, Padang Batang Hari, Pulungan dan Tumendung.

Selanjutnya keturunan Lottung adalah Sinaga, Situmorang, Pandiangan, Nainggolan, Simatupang, Aritonang, Siregar. Kemudian keturunan Limbong Mulana adalah Limbong. Dan dalam Sagala Raja termasuk Sagala, sedangkan Lauraja terdiri dari Malau, Manik, Ambarita dan Gurning.

"Seluruh marga-marga tersebut itu yang dinamakan pomparan Oppung Guru Tatea Bulan, jadi semua pomparan Oppung Tatea Bulan boru-bere yang ada di Tapanuli Tengah dan Sibolga akan hadir pada pesta ini ,"ujar Haspa Pasaribu yang di amini rekannya Meida Hutagalung.

Acara tersebut diawali lagu Indonesia Raya, lagu O Tano Batak yang dilanjutkan dengan laporan ketua panitia, kemudian kata sambutan dari Bupati Tapanuli Tengah Drs Tuani Lumbantobing. Juga kata sambutan Ketua Pomparan Guru Tatea Bulan Kabupaten Tapanuli Tengah dan diakhiri dengan doa.

Dalam acara pesta akbar tersebut dirangkai dengan manortor yang diikuti dari seluruh pomparan Oppung Guru Tatea Bulan yang diiringi dengan godang sabangunan.
loading...

FANSUR Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.