Our Blog

Seminar Sisingamangaraja XII

23 Maret 2007 Seminar Nasional 100 Tahun SM.Raja XII

Mar 17, 2007 at 09:53 PM
Jakarta (SIB)

Dalam rangkaian memperingati satu abad perjuangan pahlawan nasional Raja
Sisingamangaraja XII, tanggal 23 Maret 2007 mendatang di Lemhanas Jakarta akan digelar seminar nasional bertema Revitalisasi Nilai-nilai Juang Pahlawan Nasional Raja Sisingamangarja XII.

Seminar sehari yang bertujuan membangun dan membangkitkan kembali pemikiran strategis dan implementasi nilai-nilai kebangsaan rakyat Indonesia seperti yang dilakukan Raja Sisingamangaraja XII untuk diteladani bangsa ini terlaksana atas dukungan dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Departemen Dalam Negeri.

Seminar itu direncanakan akan dibuka Ketua DPR-RI Agung Laksono dan menampilkan pembicara Sejarawan Prof DR Anhar Gonggong, DR Parakitri Simibolon, DR AC Manullang, Pdt Drs BDF Sidabutar, MTh, Prof Muladi, Mayjen TNI (Purn) Arifin Tarigan, Prof DR Rusmin Tumanggor dan Drs Mahdin Sihombing, MSi.

Ketua Panitia Seminar, Tajom Sinambela yang didampingi Sekretaris Panitia Jan Pieter Pangaribuan dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (15/3) mengatakan, pemikiran dan pendapat hasil seminar itu diharapkan akan dapat membangkitkan semangat sekaligus menyadarkan masyarakat akan semangat juang para pahlawan, khususnya Raja Sisingamangaraja XII yang pada eranya dapat melindungi, mempersatukan dan mensejahterakan rakyat.

“Perjuangan Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII adalah perjuangan tanpa pamrih dan sangat relevan untuk diteladani rakyat negeri ini,” ujar Tajom Sinambela.
Sementara itu Jan Pieter Pangaribuan mengatakan, pengakuan dan penobatan Raja Sisingamangaraja XII menjadi Pahlawan Nasional oleh Pemerintah RI seyogianya tidak terbatas pada slogan saja. Tetapi nilai patriotisme dan nasionalisme yang ditunjukkan Sisingamangaraja sebagai Raja Batak sangat strategis untuk disadari dan direnungkan bersama dalam upaya membangun bangsa ini.

“Semangat patriotisme dan jiwa nasionalisme pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII sangat relevan direvitalisasi dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kini. Ini sangat penting dalam rangkaian membangun dan membangkitkan kembali nilai-nilai kebangsaan rakyat Indonesia yang belakangan ini mengalami degradasi,” ujar Jan Pieter.

Lebih jauh dikatakannya, audiens yang akan hadir dalam seminar ini berjumlah sekitar 400 orang yang terdiri dari perwakilan tokoh masyarakat lintas etnis/suku, tokoh agama, cendikiawan, tokoh politik, birokrasi, dan LSM/ormas.
loading...

FANSUR Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.